Sabtu, 14 Oktober 2017

Cara Cloning Komputer Menggunkan File Image Norton Ghost

          
           Melengkapi Artikel sebelumnya tentang Membuat Norton Ghost Booting Via flashdisk dan Cara Mudah Membuat File Image Menggunakan Norton Ghost. Kali ini saya akan menulis artikel tentang cara cloning komputer menggunakan file image yang sebelumnya kita buat menggunakan Norton Ghost tersebut.

          Fungsi restore image adalah agar windows kembali ke waktu dimana kita membuat file image tersebut. Jadi anda harus memastikan pada saat membuat file image, windows dalam kondisi terbaik ( tidak terjangkit virus dan error program). Seperti yang pernah saya sampaikan restore image menggunkaan norton ghost dapat memotong waktu repair atau install ulang windows anda apabila bermasalah.Selain merestore windows, file image juga dapat digunakan untuk mengloning komputer.Hal ini sangat berguna bagi anda yang memiliki usaha warnet.

         Baik langsung saja silahkan ikuti langkah - langkah berikut untuk melakukan restore/cloning file image :

1. Pastikan Komputer yang akan anda restore/cloning memiliki spesifikasi yang sama dengan file image yang akan di restore/cloning, minimal memiliki motherboard dengan merk dan type yang sama.
2. Pastikan komputer anda support booting via flashdisk.
3. Tekan [F8] terus menerus pada saat komputer dinyalakan untuk masuk ke system boot ( untuk masuk ke system boot bisa berbeda setiap type komputer biasanya F8,F10,F12 ).
4. Setelah masuk ke system boot pilih booting via flashdisk anda yang terdapat program norton ghost kemudian tekan [Enter].


5. Klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok].


6. Klik [From Image]/Tab dan [Enter].



7. Cari lokasi drive yang terdapat file Image ghost, yang sebelumnya pernah anda buat. Tab dan [Enter] menggunakan keyboard atau [double klik] menggunakan mouse pada file image tersebut.




8. Pada bagian ini ghost akan memberikan informasi file image yang akan direstore/cloning, klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok] .


9. Pada bagian ini ghost akan memberikan informasi storage yang terpasang di komputer. Pilih hardisk yang akan anda restore/cloning. kemudian klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok].


10. Pada bagian ini ghost akan memberikan informasi partisi hardisk. Pilih partisi yang akan anda restore/cloning, dalam hal ini partisi C  kemudian klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok]. ( pastikan anda memilih partisi yang tepat ).


11. Pilih dan klik [yes]/Tab dan [Enter] [yes] untuk memulai prosses cloning dan tunggu sampai selesai. Lamanya prosses cloning tergantung besarnya file image dan kualitas hardisk anda.


12.Prosses selesai silahkan restart dan cabut flashdisk anda.



          Setelah prosses restore/cloning selesai, windows dan program yang terinstall sesuai dengan yang ada pada file image yang sebelumnya anda buat. Tutorial ini saya buat menggunakan komputer ASUS H61M-C dengan windows 7 professional. Demikian cara mudah restore atau cloning komputer, semoga bermanfaat. Sejauh ini OS yang pernah saya coba dan berhasil adalah : 
  • Windows xp home edition 
  • Windows xp professional
  • Windows 7 professional
  • Windows Server 2003
          Postingan selanjutnya saya akan menulis artikel cara install windows 7 , jadi jangan bosen untuk mengunjungin blog rudys-support.blogspot.co.id yah.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar