Selasa, 10 Oktober 2017

Cara Mudah Membuat File Image Menggunakan Norton Ghost



Postingan kali ini saya buat untuk melengkapi artikel sebelumnya tentang Membuat Norton Ghost Booting Via flashdisk .Artikel kali ini hampir mirip dengan artikel Cara Mudah Membuat File Backup Image di Windows 7 menggunakan tools backup - restore. Kelebihannya adalah norton ghost  bersifat portable karna sudah dibuat booting via flashdisk. Jadi selain windows 7 dapat juga digunakan untuk membackup versi windows lainya.File image hasil backup dapat digunakan di komputer lain dengan specifikasi minimal menggunakan motherboard dengan type sama.

Baik berikut ini langkah - langkah membuat file image menggunakan norton ghost :

1. Pastikan komputer anda support booting via flashdisk
2. Tekan [F8] terus menerus pada saat komputer dinyalakan untuk masuk ke system boot ( untuk masuk ke system boot bisa berbeda setiap type komputer biasanya F8,F10,F12 ).
3. Setelah masuk ke system boot pilih booting via flashdisk anda yang terdapat program norton ghost kemudian tekan [Enter].



















4. Klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok]



















5. Klik [To Image]



















6. Pada bagian ini ghost akan memberikan informasi storage yang terpasang di komputer. Pilih hardisk yang akan anda backup kemudian klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok].



















7. Pada bagian ini ghost akan memberikan informasi partisi yang terdapat pada hardisk yang tadi anda pilih. Pilih partisi yang akan anda backup dalam hal ini partisi drive C ( yang terdapat windowsnya ) kemudian klik [ok] / Tab dan [Enter] pada bagian [ok] ( pastikan partisi yang anda pilih benar ).



















8. Pilih lokasi drive yang akan dijadikan tempat menyimpan file image jangan di drive C dan pastikan free space cukup memadai untuk menyimpan file image.



















9. Buat folder di drive yang anda pilih ( nama bebas ) kemudian tekan [Enter].



















10. Pilih folder yang tadi anda buat kemudian tekan [Enter], arahkan kursor mouse pada kolom file name / Alt+N ketikan " Ghost " ( tanpa tanda petik ) kemudian klik [save] / Alt+S.




















11. Pada bagian ini anda bisa pilih [Fast] / Alt+F atau [High] / Alt+H untuk memulai proses pembuatan image. Saya biasanya memilih [Fast] walau ukuran yang dihasilkan lebih besar tetapi lebih kecil kemungkinan terjadi kerusakan pada file image yang dihasilkan.



















12. Pilih [Yes] / Alt+Y untuk memulai proses.


































13. Proses backup selesai restart komputer dan cabut flashdisk.



















14. File image bisa dilihat di drive yang tadi anda pilih sebagai tempat penyimpanan.



















Demikian cara membuat file image menggunakan norton ghost, di tutorial ini saya membuat file image windows 7 professional dengan motherboard ASUS H61M-C. Sejauh ini OS yang pernah saya coba dan berhasil adalah : 
  • Windows xp home edition 
  • Windows xp professional
  • Windows 7 professional
  • Windows Server 2003
  • Windows Server 2008
Postingan selanjutnya saya akan menulis artikel bagaimana merestore file image yang sudah kita buat, jadi jangan bosen untuk mengunjungin blog rudys-support.blogspot.co.id yah.

Note :
Tulisan warna merah setelah garis miring adalah alternatif keyboard shortcuts apabila mouse anda tidak terdeteksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar